Saat Transparansi Dipertanyakan

8:33 AM 0 Comments A+ a-

Insiden kecil di meja kerja dosen.
M: Mahasiswa
D: Dosen

M: "Saya mau protes..!!"
D: "Silahkan nak."
M: "Ibu, kok nilai ujian saya B?"
D: "Iya memang itu nilai yg pantas kamu dapatkan."
M: "Saya belum percaya. Bolehkah saya meminta rekapan nilai selama satu semester sehingga nilai akhir B? Ingin tahu apa kekurangan saya, sehingga ke depan bisa evaluasi diri menuju lebih baik. Kami punya hak mendapat transparansi."
D: "Maaf nak, tidak bisa. Nilai adalah hak preogratif saya sebagai dosen."
M: "Jika tidak ada transparansi, kenapa dulu ibu membuat kontrak kuliah dg komposisi bobot nilai yg berbeda. Apa gunanya jika kami tak bisa ikut mengetahuinya?"
D: Gubrak... (i'm totaliter)


Jika Dosen ingin berlaku fair, kenapa rekapan nilai makul tak diberi?
Mari ciptakan iklim transparansi di kalangan akademisi.

Terima kasih atas komentar anda.