Pengertian Politik Luar Negri

1:59 PM 0 Comments A+ a-


Politik Luar Negeri menurut beberapa ahli:

1.     K. J. Holsti: merupakan sebuah cara negara dalam berinteraksi dengan negara lain yang dikehendakki, dimana negara ingin bekerjasama dengan negara lain dalam hal diplomatik, mengeluarkan doktrin, membuat aliansi, mencanangkan tujuan, baik jangka panjang maupun jangka pendek.

2.    J.R. Childs, politik luar negeri adalah pokok-pokok hubungan luar negeri dari suatu negara.

3.    Riza Sihbudi, Peneliti utama LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) bidang hubungan internasional atau kebijakan politik luar negeri mengatakan, bahwa politik luar negeri ”perpanjangan tangan” dari politik dalam negeri suatu negara.

4.    Hudson: sub-disiplin dari hubungan internasional tentang politik luar negeri untuk menjadi panduan bagi negara-negara lain yang ingin bersahabat dan bermusuhan dengan negara tersebut.

5.    Goldstein : strategi yang digunakan pemerintah sebagai pedoman di kancah internasional.

6.    Plano dan Olton : strategi atau rencana tindakan yang dibuat oleh para pembuat keputusan negara dalam menghadapi negara lain atau unik politik internasional yang lainnya untuk mencapai tujuan nasional. 

7.    Modelski : suatu ‘sistem aktivitas’ yang disusun oleh suatu komunitas dengan tujuan untuk mengubah perilaku negara lain dan menyesuaikan aktivitas mereka dengan lingkungan internasional

8.    Menurut buku Rencana Strategi Pelaksanaan Politik Luar Negeri Republik Indonesia (1984-1988), politik luar negeri diartikan sebagai “suatu kebijaksanaan yang diambil oleh pemerintah dalam rangka hubungannya dengan dunia internasional dalam usaha untuk mencapai tujuan nasional”.

Menurut saya, Politik luar negri merupakan kepanjangan tangan dari kebijakan politik dalam negri yang diwujudkan dalam strategi dan kebijakan yang mengatur hubungan dengan aktor-aktor dalam Hubungan Internasional guna mencapai Kepentingan Nasional Negara tersebut.

Silakan kalau ada yang ingin menambahkan.

*Dicuplik dari berbagai sumber.

Terima kasih atas komentar anda.