RASISME DI DUNIA BOLA

9:06 AM 0 Comments A+ a-






Rasisme, dalam bentuk apapun tidak dapat ditoleransi. Rasisme hanya betujuan untuk merugikan si korban. Hal tersebut yang melatarbelakangi diadakannya World Conference Against Racism, (WCAR) yang diadakan oleh UNESCO. Konferensi tersebut telah diadakan sebanyak tiga kali, yakni pada tahun 1978, 1983, dan 2001. WCAR rencananya akan kembali diadakan pada tahun 2009 di Jenewa, Swiss.
Rasisme tidak hanya terjadi di dunia politik ataupun ekonomi, namun juga dapat terjadi di dunia olahraga. Olahraga yang bertujuan untuk mengembangkan nilai-nilai persahabatan dan perdamaian antar umat manusia tidak luput dari rasisme.
Cabang olahraga yang paling disorot akibat tindakan rasisme adalah sepakbola, karena di cabang olahraga ini telah banyak tindakan rasisme yang dilakukan oleh para pemain sepakbola ataupun suprter klub sepakbola.
Kenapa rasisme bisa terjadi pada dunia olahraga khususnya olahraga, padahal olahraga bertujuan mulia yakni mengembangkan nilai-nilai persahabatandan perdamaian antar umat manusia bukannya menimbulkan perpecahan dan pengkucilan etnis minoritas tertentu di dalam suatu komunitas.
Pertanyaannya, Apa penyebab rasisme tersebut?.